Fungsi Buret



Pengertian Buret - Buret adalah perangkat yang masih tergolong ke dalam glassware, burret ini berbentuk silinder dengan garis ukur dan sumbat atau penutup keran di bagian bawahnya  sehingga fungsi utama dari burret ini adalah untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi salah satu contohnya saat titrasi . Buret memiliki akurasi yang sangat tinggi, buret kelas Amemilki akurasi hingga 0,05 cm3.

Tingkat Ketelitian Buret 
  1. Buret dalam Kelas A model ini terbuat dari bahan kaca yang mempunyai  tingkat  muai panjang yang sangat kecil karena itu  ketelitian model ini sangat tinggi dan digunakan dalam penelitian.. meski buret ini dapat langsung dipakai tanpa perlu dikalibrasi tetap dianjurkan untuk tetap dikalibrasi secara berkala.
  1. Buret Kelas B model ini memiliki ketelitian lebih rendah dari buret kelas A sehingga model ini digunakan saat kegiatan pendidikan.
Buret berdasarkan jenisnya 
  1. Buret yang tidak memiliki alat bantu (Polos)
  2. Buret Schellbach, buret dengan dinding dalam belakangnya ada dengan garis biru diatas dasar putih.
Buret Berdasarkan Ukuran
  1. Buret makro buret berkapasitasnya 50 ml dan skala hingga 0.10 ml
  2. Buret semimikro berkapasitas volume 25 ml dengan skala hingga 0.050 ml.
  3. Buret makro memiliki kapasitas volume 10 ml. Skala hingga 0.020 ml
Buret Berdasarkan tujuannya
  1. Buret basa untuk larutan yang bersifat basa contohnya NaOH, KOH. Model ini memiliki bagian ujung cerat karet dilengkapi bola kaca dan berfungsi seperti keran.
  2. Buret amberglas  untuk larutan yang mudah teroksidasi cahaya matahari contohnya larutan Kalium permanganat / iodium dan terbuat dari  kaca yang berwarna coklat atau gelap.
  3. Buret Universal bisa untuk semua jenis larutan termasuk yang bersifat basa dan asam, Cerat unungnya terbuat dari teflon.



EmoticonEmoticon